Macam Macam Tenses dan Fungsinya

Posted by Unknown On Minggu, 28 April 2013 1 komentar





Dalam tulisan ini saya akan membahas tentang macam-macam dan penggunaan tenses dalam bahasa Inggris. Tenses adalah tata kalimat. Seperti kita ketahui, tenses merupakan hal penting dalam pembelajaran bahasa Inggris, ataupun dalam penggunaan bahasa Inggris dalam segala hal. Oleh karena itu Saya ingin membahas tentang tenses agar kita lebih paham tentang tenses, sehingga kita tidak keliru dalam mengaplikasikan bahasa Inggris.

Di Indonesia di kenal 16 tenses bahasa inggris meski secara umum hanya 12 tenses. Tenses bahasa inggris secara sederhana dapat diartikan sebagai pola kalimat yang berubah menurut waktu merujuk pada masa lalu (Past), masa sekarang (Present) dan masa depan (Future). Dengan memahami tenses bahasa inggris kita bisa menyusun kalimat dengan lebih baik meski tidak harus selalu kita gunakan.

 Seperti halnya bahasa Indonesia, kita harus memperhatikan penggunaan keterangan waktu dalam membuat kalimat. Apa yang harus kita katakan jika membuat kalimat yang sudah kita kerjakan, yang sedang kita kerjakan, dan yang akan kita kerjakan. Dalam bahasa Inggris, pola kalimat negatif dan positif itu berbeda, ada penambahan kata dalam pola kalimat negatif. Tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia, hanya bahasa Inggris lebih spesifik dalam penggunaan kata. 
     
     A) Definisi Tenses
      Tenses adalah tata kalimat, yaitu suatu pola kalimat yang digunakan dalam penyusunan kalimat bahasa Inggris. Tanpa pola kalimat, kita akan sulit membuat kalimat yang benar, dan mungkin akan keliru. Maka kita harus mempelajari pola kalimat yang benar agar mudah membuat kalimat bahasa Inggris.

  Tenses terbagi dalam berbagai macam bentuk, ada bentuk lampau, bentuk masa sekarang, dan bentuk masa datang. Dalam tiga macam kategori tenses itu, terbagi pula beberapa pola kalimat yang berbeda. Berikut adalah 16 tenses bahasa inggris yang akan kita pelajari, mari kita bahas satu persatu.
       
     1) Present Tenses

      a) simple present tense
           The Simple Present Tense adalah tenses yang paling banyak digunakan, dan karena paling banyak maka pembahasannya juga akan lebih panjang. Arti simple yaitu sederhana, sedangkan present adalah sekarang. Jadi bisa dikatakan bahwa Simple Present adalah tenses (pola kalimat) yang digunakan untuk menceritakan waktu sekarang dalam bentuk sederhana. Nama lain daripada Present adalah BENTUK 1. Jadi kapanpun Anda melihat kata present dalam tenses apapun, bisa dipastikan bahwa dia menggunakan bentuk 1 – bentuk apa? ya bentuk verb, karena semua predicate itu wajib verb.
        
         b) Present Continuous tense
               Present Continuous tense dalam tenses bahasa inggris digunakan untuk tindakan yang sedang berlangsung sekarang, kejadian di waktu sedang berbicara dan tindakan yang berlangsung hanya untuk jangka waktu yang singkat. Present Continuous tense disebut juga dengan Present Progressive Tense.

           c)  Present Perfect tense
         Bentuk Present Perfect tense dalam tenses bahasa inggris digunakan untuk suatu tindakan sederhana yang masih berlangsung atau yang baru sajar berhenti, tetapi memiliki pengaruh hingga masa kini. Menempatkan penekanan pada hasil.

          d) Present Perfect Continuous tense
       Present Perfect Continuous mengungkapkan tindakan yang telah dimulai di masa lalu dan sekarang masih berlanjut. Tenses bahasa inggris ini juga digunakan untuk menceritakan kejadian yang dimulai dimasa lalu dan baru saja selesai.                                  

 2) Past Tenses

        a) Simple Past tense
  Simple past Tense digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang telah terjadi pada waktu tertentu di masa lalu. kejadian bisa pendek atau panjang. Berarti juga bisa menjadi beberapa kejadian terjadi satu demi persatu. Secara umum, Ada dua fakta penting yang perlu diingat dalam tenses bahasa inggris ini :
- kata kerja tak beraturan (Irregular Verbs)
- kalimat negatif dan pertanyaan tidak seperti kalimat positif tetapi mempertahankan bentuk dasar kata kerja
   
          b) Past Continuous tense
                 Past Continuous Tense mengungkapkan tindakan di masa lalu yang sedang berlangsung. tindakan kadang dapat juga disela oleh sesuatu. bentuk tenses bahasa inggris ini disebut juga Past Progressive Tense.

         c) Past Perfect Tense
      Kita menggunakan Past Pefect (simple) tense untuk menunjukkan suatu tindakan di masa lalu berkaitan dengan tindakan lain sebelumnya di masa lalu.
     
         d) Past Perfect Continuous tense 
             Perfect Continuous Tense digunakan untuk mengungkapkan suatu tindakan yang dimulai di masa lalu dan berlangsung sampai tindakan lain yang di masa lalu. Perbedaan antara Present Perfect Continuous and Past Perfect Continuous adalah Present Perfect Continuous mengungkapkan tindakan yang terus berlanjut sampai sekarang sedangkan Past Perfect Continuous tidak.

3. (Present) Future Tenses
      
          a) (Present) Simple Future tense
                 Di antara semua bentuk Future tenses, Simple Future adalah yang paling umum, digunakan dalam banyak situasi seperti ketika membuat janji, prediksi atau rencana. Future Tense disebut juga dengan Present Future Tense

Simple Future Tense dibagi menjadi dua bentuk yaitu “Will/shall” dan “going to” tetapi memiliki perbedaan penggunaan.

“going to” digunakan dalam mengucapkan suatu rencana tindakan yg telah dibuat jauh2 sebelum berbicara.Juga digunakan untuk mengungkapkan suatu prediksi berdasarkan tanda-tanda saat ini (pasti terjadi kemungkinan besar)

“going to” juga dikenal dalam kata “gonna” yang sering digunakan dalam situasi tidak resmi. PENTING : Hindari menggunakan kata “gonna” dalam ujian bahasa inggris atau suasana resmi.

“will” digunakan dalam mengucapkan suatu rencana tindakan yang baru saja kamu pikirkan/belum direncanakan/spontanitas saat berbicara.juga digunakan untuk mengungkapkan ramalan yg akan terjadi berdasarkan perhitungan atau perasaan (belum tentu kepastiannya).

       c) (Present) Future Continuous tense
Future Continuous tense umumnya digunakan untuk menandakan bahwa kita akan berada ditengah-tengah suatu kejadian dalam waktu tertentu di masa depan. Future Continuous dikenal juga dengan sebutan Present Future Continuous.
Future Continuous juga memiliki 2 bentuk yaitu “will” dan “going to” memiliki makna yang sama dan bisa saling menggantikan saat digunakan. Berbeda dengan penggunaan pada simple future tense.

         d) (Present) Future Perfect tense
 Kita menggunakan Future Perfect tenses bahasa inggris ini untuk menyatakan kejadian yang akan selesai dimasa depan yang sudah dimulai dimasa lalu. Future Perfect disebut juga Present Future Perfect Tense atau Future Perfect Simple Tense.

          e) (Present) Future Perfect Continuous Tense
   Kita menggunakan Future Perfect Continuous tenses bahasa inggris ini untuk menceritakan kejadian yang akan berlangsung pada waktu tertentu di masa depan. Future Perfect Continuous Tense dikenal juga dengan sebutan Present Future Perfect Continuous atau Future Perfect Progressive.

4. Conditional / Past Future Tense

          a)  (Simple) Conditional / Past Future tense
  Simple Past Future Tense ini digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang akan terjadi pada masa lalu (bukan masa sekarang, kebalikan dari simple future tense).

           b) Conditional / Past Future Continuous tense
   Kita menggunakan Past Future Continuous atau Past Future Progressive tense bahasa inggris ini untuk menceritakan suatu tindakan yang akan sedang terjadi pada masa lalu ( untuk yang sedang terjadi di masa sekarang disebut Future Continuous Tense).

          c) Conditional / Past Future Perfect tense
Past Future Pefect Tense digunakan untuk mengungkapkan tindakan yang akan sudah selesai di masa lalu (silahkan bandingkan perbedaannya dengan Future Perfect Tense).

          d) Conditional / Past Future Perfect Continuous tense
Tense bahasa inggris terakhir ini digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang akan sudah sedang terjadi pada masa lalu. Past future perfect continuous tense memiliki persamaan dengan future perfect continuous tense. 

1 komentar to Macam Macam Tenses dan Fungsinya

  1. says:

    Destra Wibowo Kusumo 12 tenses. Yakin? Bung, Anda masih salah kaprah. Tense hanya ada 2: Present & Past.
    Continuous & Perfect adalah ASPECT.
    Itu adalah pandangan tata bahasa modern.

Posting Komentar